Studi: Kebiasaan Calon Ibu Makan 'Junk Food' Pengaruhi Anak
Selasa, 10-11-2020 - 12:41:00 WIB
Studi menyatakan kebiasan ibu mengonsumsi makanan tidak sehat turut mempengaruhi indra perasa anak. (iStock)
TERKAIT:
   
 

BULETINSATU.com -- Kebiasaan ibu sebelum hamil ternyata dapat mempengaruhi sifat anak. Studi terbaru menunjukkan bahwa ibu yang suka makan camilan manis dan berlemak sebelum hamil, nantinya dapat mempengaruhi anak menyukai junk food.

Dalam studi yang baru saja dipublikasikan di jurnal Scientific Reports itu, peneliti menyebut kebiasaan ibu beberapa waktu sebelum hamil mempengaruhi proses pembentukan janin terutama otak.

Kebiasan ibu mengonsumsi makanan tidak sehat menyebabkan perubahan dalam struktur otak sehingga mempengaruhi indra perasa anak. Alhasil, anak cenderung lebih ingin mengonsumsi makanan serupa yakni junk food.

"Jika seorang ibu memiliki pola makan yang tidak sehat dengan mengkonsumsi banyak kalori melalui produk tinggi lemak dan bergula, keturunannya akan memiliki kecenderungan untuk menyukai makanan yang tidak sehat juga. Asal muasalnya bukan hanya perubahan pada otak, tetapi ada perubahan fisik lain yang terjadi di dalam indra perasa," kata peneliti Profesor Robin Dando, dilansir Metro.co.uk.

Pada percobaan terhadap tikus, peneliti menemukan ibu yang makan makanan berkalori tinggi dan berlemak lima minggu sebelum kehamilan memiliki bayi dengan reseptor atau sel saraf rasa yang lebih manis pada indra perasa mereka.

Dalam jangka panjang, efek perasa makanan ini cenderung tidak berubah bahkan pada anak yang sudah dibesarkan dengan pola hidup sehat. Mereka cenderung tetap lebih menginginkan makanan manis dan berlemak.

Penelitian pada tikus ini dinilai memiliki hasil yang sama dengan manusia karena memiliki sejumlah karakteristik genetik, biologi, dan perilaku yang sangat mirip dengan manusia. (CNI)



 
Berita Lainnya :
  • Studi: Kebiasaan Calon Ibu Makan 'Junk Food' Pengaruhi Anak
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Magang PHR Batch 9: Peluang Belajar, Berkarya, dan Berkontribusi
    02 Gali Potensi Pajak, Plt Gubri Serahkan Data Kendaraan Yang Masih Menunggak Pajak Di Kampar
    03 Butuh Modal Cepat? Gadai Emas BRK Syariah Jadi Andalan Pelaku UMKM
    04 Plt Gubernur Riau Instruksikan Kadis PUPR dan Kepala UPT Tingkatkan Pengawasan Infrastruktur di Lapangan
    05 PT Pegadaian Dinobatkan Sebagai Best Company to Work For in Asia Untuk Kedelapan Kalinya
    06 BRI Cabang Perawang Apresiasi Langkah APH Usut Dugaan Fraud Kredit di Koto Gasib dan Lubuk Dalam
    07 JPU KPK: Keterangan Saksi Mahkota Pertegas Dakwaan Korupsi Abdul Wahid
    08 SF Hariyanto Minta Wako Pekanbaru Data Galian C, Sangat Disayangkan Jika Tak Masuk PAD
    09 Tak Hadir Ujian CAT, Dua Calon Anggota KPID Riau Dipastikan Langsung Gugur
    10 Nokia dan Indosat Kolaborasi dalam Meningkatkan Jaringan 5G di Indonesia serta Hadirkan Layanan Berbasis AI
    11 Tahun Ajaran Baru, Rahn BRK Syariah Jadi Solusi Cepat Penuhi Biaya Pendidikan Anak
    12 DJP Tegaskan Komitmen Dukung UMKM Naik Kelas Melalui PP Nomor 20 Tahun 2026
    13 CISEM II Resmi Beroperasi, PGN Group Perkuat Konektivitas Infrastruktur Gas Bumi Nasional
    14 Resmi Dilantik, Kepala BGN Nanik S. Deyang Ambil Langkah Moratorium Dapur Makan Gratis
    15
    16 BRK Syariah Perkokoh Fundamental Bisnis, RUPS Setujui Laporan Tahunan dan Penguatan Permodalan
    17 BPBD Siak Siagakan 67 Kampung Gambut Rawan Karhutla
    18 SheHacks Dukung Pertumbuhan UMKM Perempuan Lewat AI
    19 Perkuat Ketahanan Energi Nasional, PHR Berhasil Produksikan 903 BOPD dari Sumur Pungut di Bengkalis
    20 Hari Jadi ke-69 Riau, Pemprov Bakal Tanam 1.000 Pohon di Stadion Utama
    21 PHR Jaga Ketahanan Energi Selaras Dengan Perlindungan Alam Berkelanjutan
    22 Hasil Gotong Royong di Stadion Utama Riau, 1,2 Ton Sampah Dikumpulkan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Buletin Satu - News information About Riau